Balada Anak Asrama




Kuliah adalah hal yang membanggakan bagi setiap orang. Tapi ada juga yang menganggap itu musibah karena salah memilih jurusan atau karena paksaan dari orang tua bukan karena keinginan sendiri. Salah satu yang menganggap kuliah itu musibah adalah saya sendiri. Program studi yang saya ambil tidak sesuai dengan minat saya. Tapi ya sudahlah itu bisa jadi pelajaran buat kedepannya. Ambil pengalaman positifnya, buang pengalaman negatifnya dan jadikan itu motivasi untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang. 

Saat kuliah, universitas tempat saya kuliah dulu mewajibkan mahasiswa baru untuk tinggal di asrama selama satu tahun pertama. Mungkin sebagian orang berfikir hidup di asrama itu gak enak. Penuh dengan aturan dan tidak bebas karena cuma ngedekem dilingkungan yang sama. Tapi menurut saya tinggal di asrama itu asyik banget, bertemu dengan orang-orang yang jauh. Ada yang dari palembang, padang, jawa timur, papua, dan aceh. Pokonya indonesia banget dah.hehe..

Dalam satu kamar dihuni oleh 4 orang. Dan saya sekamar dengan orang padang, orang bandung dan orang rembang. Mereka punya karakter masing-masing. Yang dari bandung, subhanallah solehah pisan, shalatnya,puasanya, tahajudnya, dan tentunya jilbabnya juga. Yang dari rembang kerjanya nangkepin serangga. Serangga dimanapun pasti ditangkap, mau itu di toilet asrama sekalipun pasti ditangkap. Contohnya kecoa. Geli kan ya??hehehe. Jaring selalu dia bawa kemana-mana sebagai senjata andalannya. Kenapa teman saya yang satu ini rada aneh? Karena dia jurusan Proteksi tananaman. Tugasnya nangkepin serangga dan dibius untuk diawetkan. Sampe-sampe kamar asrama saya dulu bau alkohol. Sedangkan yang dari padang itu hobinya nonton korea. MasyaAllah ini orang kalo udah nonton korea kayak orang kesurupan, ketawa sendiri, jerit-jerit sendiri, haduhhh rame kaya di pasar tradisional . Kalau saya tuh yang simple aje sih, ya paling cuma tukang nangkring di jendela kamar cari sinyal HP. Gubrak!!!!!!  Dan saya yang ketawanya paling nyaring cempreng. 

Jujur saya orang yang paling susah bangun pagi. Kecuali buat shalat subuh. Kalo habis sholat subuh tidur lagi. Hehe. Udah gitu saya gak bisa diajak ngobrol kalo belum kumpul nyawanya pas baru bangun tidur, karena gak akan nyambung. Pernah waktu itu saya dibangunin sama teman satu lorong di asrama, dan dia bilang mau pinjem soal kalkulus dan mau nyontek karena pagi itu juga harus dikumpulin. Tanpa sadar,dalam keadaaan setengah melek, saya bilang udah dikumpulin. Padahal satu soalpun belum saya kerjain dan malah niatnya mau nyontek punya teman saya yang lain. Hahaha..parah kan ya? Itu mata kuliah yang paling bikin kepala saya serasa mau pecah. Jadi kalo udah gak bisa ya sudah lahh pinjem punya teman. Harap jangan ditiru.. :D

Siangnya pas ketemu dengan teman yang tadi pagi ngebangunin saya itu, dia negur “ahh jahat lu mah Mel, masa udah dikumpulin duluan. Pelit, gak mau nyontekin”. Pas saya jelasin kalau saya tadi pagi gak sadar bilang kayak gitu, dia ngakak. Dari peristiwa itu, saya berinisiatif untuk menempel sticky note di ranjang saya dengan tulisan “jangan ngajak ngobrol Melani saat masih tidur”. Teman-teman sekamar cuma bisa cekikikan lihat tulisan itu. 

Saya tipe orang yang gak bisa lihat sesuatu yang berantakan. Sesibuk dan secapek apapun saya sehabis kuliah pasti saya menyediakan waktu untuk merapihkan ranjang dan meja belajar milik saya. Jadi teman-teman yang main ke kamar saya bengong lihat ranjang dan meja yang rapi. “Mel, meja loe rapi banget. Kaya gak pernah di pake”. Kenapa sampe bengong? Soalnya meja saya kontras dengan ketiga meja belajar teman-teman saya, mereka itu haduhhh kalo taro barang-barang sembarangan, lempar sana sini. Jadi meja dan ranjang mereka bertiga itu udah kaya kapal pecah. 

Insan asrama tuh unik. Hobi dan idola mereka beda-beda. Temen-temen kebanyakan pada senang baget sama korea. Apa aja yang berhubungan dengan korea, mulai dari dramanya, musiknya, boyband, girlband, sampe kipas-kipasan. Saya punya teman sejurusan, masyaAllah ini anak kalo udah ngomongin korea sibuk sendiri. Apa lagi sama grup super junior, hafal seluk beluknya. SNSD, EXO, dan lain sebagainya. Dulu ngefans sama om siwon, sekarang ganti kayaknya sama personil exo, gak tau itu siapa namanya. 

Periode makan insan asrama pun beragam loh. Terutama anak-anak yang biaya hidupnya bergantung dari beasiswa, macem saya ini. Kalo awal bulan, pas uang beasiswa baru keluar, menu makannya ayam dong, tengah bulan telor, akhir bulan promag. Ngenes!!! Gak promag juga sih, itu mah buat ngeganjel perut kalo lagi telat makan. Yahh mentok-mentoknya makanan akhir bulan itu adalah mie instan. Di asrama gak boleh bawa alat elektronik kecuali leptop dan HP. Asrama menyediakan dispenser untuk setiap lorong. Jadi terpaksa kalo mau makan mie ya harus direndem air dispenser yang suhu maksimalnya cuma 80 derajat celcius doank. Nunggu lembeknya aja pegel, ditambah kalo kelupaan misal lagi ngerjain laporan, itu mie bisa bengkak kaya tali tambang yang buat ngiket kapal perahu. Hahaha..ngelihatnya aja pasti udah gak selera lagi. Menyedihkan.Tapi kalo mahasiswa yang dibiayain orang tua sih masih mending tinggal minta kirimin uang. Menu makan tetap stabil dari awal bulan sampe akhir bulan. 

Di asrama dulu ada kegiatan apel pagi setiap 2 minggu sekali, dan kalian tau apelnya jam berapa? Jam setengah 6 pagi. Ya.. sesuailah dengan namanya, APEL PAGI. Dan di  tempat saya ngampus, kalo ada acara apa-apa pasti mobilisasinya tuh dari subuh. Pas masa orientasi aja, saya dan temen-temen udah harus siap-siap dari jam setengah 5 subuh dengan atribut caping di kepala. Bayangin aja tu, betapa beratnya ini mata, jam setengah lima subuh sudah harus berbaris didepan asrama. Saking beratnya mata nih mata, kalo bisa diganjal korek api mah langsug beli di warung asrama deh.  Belum lagi cerita rebutan setrika asrama kalo baju belum di setrika. Pintu asrama berisik di ketok-ketok diiringi dengan suara “ada setrika ga...???”.  Suasana riweh udah kaya pasar tradisional. Sisi yang satu sibuk cari dan antri setrika dan sisi yang lain sibuk rebutan antri kamar mandi plus teriakan “woy mandinya cepetan donk!!!antri nih mba..”, nahh untuk mengantisipasi hal seperti itu,saya bangun jam 3, mandi. Udah gitu santai deh, atau kalo ngantuk lagi, ya udah nyender di kursi belajar biar gak kebablasan.hehehe. Untuk pakaian udah di setrika sehari sebelumnya, jadi tinggal pakai deh, gak perlu riweh nyetrika lagi. Bereskan?!.. :)

Kenangan di asrama akan selalu saya ingat, terutama tingkah kriminal saya dan teman-teman yang suka manjat jendela kamar untuk ngambil jemuran. Saya lebih seneng manjat lewat jalan pintas melalui jendela kamar kalau mau ngangkat jemuran, karena kalau harus lewat pintu harus muter lagi, dan itu membutuhkan lebih banyak waktu dan energi. Kita kan harus hemat energi...(alasan classic) hehehe. Bilang aja MALAS. :D

Yang ngeselin setengah mati adalah tindakan kriminal anak asrama yang suka maling jemuran. Kehilangan jemuran udah kaya makanan harian. Saya salah satu yang jadi korban. Rok baru beli raib entah kemana, hilang sama gantungannya bahkan. Itu orang niat banget malingnya. Ngoceh sampe berbusa juga gak akan mengembalikan itu rok, jadi diem aja nahan marah.  Yang lebih parahnya lagi masa pakaian dalam aja dicuri juga. Ini gak kebeli apa emang punya penyakit klepto deh? Kabina-bina teuing..

Kadang di asrama tuh ada demam-demam tertentu, contoh demam saat UAS.  Teman-teman saya kalo pas UAS bersikap seolah Indonesia mau di serang belanda atau jepang lagi. Asrama jadi sunyi senyap, kayak kuburan. Gak ada yang keluar-keluar, bertapa dalam kamar untuk belajar. Sampe-sampe saking pentingnya UAS dan saking krusialnya UAS, beberapa orang mogok nyuci baju selama UAS. Alhasil cucian baju numpuk berember-ember. Kan itu gak banget. Bahkan ada yang nulis di depan pintu kamarnya dengan tulisan “jangan diganggu lagi belajar!!!”. Yaelah segitunya kah?. Kalo saya sih biasa aj. Nyuci baju tetep. Malah pagi menjelang UAS saya tetep nyuci, dari pada cucian saya numpuk. Terus saya ketemu sama temen selorong, dia bilang “ya ampun Mel mau ujian kok nyuci?”. Dalam hati saya berkata “Lho?? emang nyuci salah ya? Ujian kan bukan mau perang dengan Belanda atau Jepang.  Emang sih bagi sebagian mahasiswa mungkin perang akademik untuk dapetin nilai selangit di transkrip lebih serem dibanding perang sama Belanda atau Jepang., sampe nyuci aja dipending. Nahh terus kalo yang ga nyuci selama ujian kurang lebih seminggu, terus dia cuma punya CD 10 lembar doank, kalo udah abis mau pake apa lagi?karung goni? Atau minjem punya temen?

Demam selanjutnya adalah demam pulang kampung. Pas mau pulang kampung, temen-temen sibuk beli oleh-oleh buat dibawa ke kapmung halaman. Terus nulis di kalender gede-gede,tulisnnya “PULANG” di tambahin emoticon senyum nan bahagia. Hehehe (pengalaman pribadi). Pulang kampung itu hal yang paling ditunggu-tunggu bagi mahasiswa semester pertama yang baru pertama ngerantau dan jauh dari orang tua. Kalo udah tiba saatnya liburan, wajah-wajah anak asrama bagai disinari lampu ribuan watt, bersinar terang. Terlupakan semua siksaan selama ujian kemarin. Semua gak peduli dengan hasil yang mereka dapat nanti. Yang penting pulang. 

Dunia seakan runtuh jika tiba saatnya pengumuman nilai ujian, wajah yang semual bersinar terang berubah bak tersambar petir, hitam kelabu tanpa cahaya, kusam melambangkan kesedihan yang teramat dalam kalo nilai yang keluar adalah do-re-mi. Tau kan maksud saya? dapat nilai seperti itu memang sudah biasa bagi kami yang kuliah di universitas  tempat saya kuliah dahulu. Perjuangan kami untuk dapat nilai yang besar itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jadi tidak heran kalo beberapa yang alumninya memang punya kredibilitas baik di lingkungan kerjanya.

Masih banyak cerita lucu saat hidup di asrama, kalo diceritain mah gak cukup satu buku. Hehe (lebay).  Cuma ini saja yang bisa saya tulis mengingat memori otak yang sudah penuh jadi agak sulit menggali memori masa lalu. Maklum faktor usia..  :D 

Udah ya..  makasih.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibu, Aku Ingin Bebas

Ilmu Dunia SARJANA Tapi Ilmu Agama Cuma TK ???

Al-Khawarizmi